Selasa, 21 Mei 2013

KELEBIHAN DAN KEKURANGA KURIKULUM 2013



KEKURANGAN DAN KELEBIHAN KURIKULUM 2013

Melihat pentingnya pendidikan bagi siswa,pemerintah terus berusaha menguji bahkan menganti kurikulum. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh, mengatakan bahwa kurikulum baru yang tengah menjalani fase uji publik ini bertujuan utama membangun kemampuan berpikir anak secara ilmiah. Dia yakin bahwa ini akan berdampak baik mengingat banyaknya laboratorium alami yang dapat dieksplorasi oleh anak-anak. Meski banyak meraih prestasi gemilang di kancah dunia dalam berbagai olimpiade sains dan matematika, rata-rata kemampuan berpikir anak Indonesia secara ilmiah tetap dianggap masih rendah. Hal ini sempat dimunculkan lewat penelitian Trends in International Mathematics and Science Study 2007 (TIMSS).
Dari beberapa media yang sempat saya baca,ada beberapa kesimpulan yg bisa saya simpulakan menyangkut kelebihan dan kekurangan dari kurikulum 2013,antara lain :

1.       Kekurangan.
Kekurangan-kekurangann yang terdapat pada kurikulum 2013 adalah :
Ø  Kurikulum 2013 bertentangan dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional karena penekanan pengembangan kurikulum hanya didasarkan pada orientasi pragmatis. Selain itu, kurikulum 2013 tidak didasarkan pada evaluasi dari pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 2006 sehingga dalam pelaksanaannya bisa membingungkan guru dan pemangku pendidikan.

Ø  Guru juga tidak pernah dilibatkan langsung dalam proses pengembangan kurikulum 2013. Pemerintah melihat seolah-olah guru dan siswa mempunyai kapasitas yang sama.

Ø  Tidak adanya keseimbangan antara orientasi proses pembelajaran dan hasil dalam kurikulum 2013. Keseimbangan sulit dicapai karena kebijakan ujian nasional (UN) masih diberlakukan. UN hanya mendorong orientasi pendidikan pada hasil dan sama sekali tidak memperhatikan proses pembelajaran. Hal ini berdampak pada dikesampingkannya mata pelajaran yang tidak diujikan dalam UN. Padahal, mata pelajaran non-UN juga memberikan kontribusi besar untuk mewujudkan tujuan pendidikan.

Ø  Pemerintah mengintegrasikan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk jenjang pendidikan dasar.

2.      Kelebihan kurikulum 2013.
Sulit juga menyimpulkan kelebihan dari kurikulum 2013,mungkin yang menjadi kelebihan dari kurikulum 2013 adalah setiap anak atau siswa dituntut kreatif dan inovatif,selain itu ada juga yang namanya pengembangan karakter yang telah diintegrasikan kedalam semua program studi.

16 komentar:

  1. gk da klebihan.x tuuh kurikulum 2013....

    BalasHapus
  2. KTSP sj blm maksimal dijalankan bahkan ada beberapa daerah yg blm melaksanakan kurikulum tsb, dah diganti kurikulum 2013

    BalasHapus
  3. semoga kurikulum 2013 menjadi awal majunya pendidikan di negara kita

    BalasHapus
  4. kurikulum 2013 susah amat dilaksanakan dikelas 1
    dlm kurikulum 2013 ank2 hrus bisa mencari tau sendiri, kreatif ee nyatanya ank2 aja masih bingung,,didlm RKH 2013 seolah olah ank2 pa lgi kls 1 SD udh pada pinter

    BalasHapus
  5. kurikulum 2013 ataupun kurikulum yang dahulu dikeluarkan karena mengikuti keadaan zaman. jika terus saja ktsp gimana? takan ada perugahan! berusahalah para pendidik, insyaAllah berjalan dengan lancar.

    BalasHapus
  6. analysis agak mirip dg Ketua Dewan Pendidikan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Wuryadi
    http://edukasi.kompas.com/read/2012/12/19/12564532/Ini.Kelemahan-kelemahan.Kurikulum.2013

    BalasHapus
  7. Mari kita berpikir secara objektif dalam melihat setiap kebijakan yang dikeluarkan pemerintah, termasuk kebijakan perubahan kurikulum 2013. Pada prinsipnya kurikulum 2013 adalah pengembangan KTSP, beberapa hal yang diperbaiki diantaranya adalah bahwa di K13 penanaman nilai-nilai sikap sosial dan agama diwajibkan diajarkan secara implisit disemua mata pelajaran.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mudah-mudahan dengan kurr.2013, pendidikan di indonesia setara dengan pendidikan di Amerika, Australia dan Germany

      Hapus
  8. masih ada daerahh2 tertentu yang masih belum paham tntang kurikulum 2013 . sama aja nggak bakalan maju klo kaya gini sstem pendidikannya .

    BalasHapus
  9. Presiden baru, otomatis membuat kabinet baru, jadi besar peluang kurrikulum 2013 belum setengah berjalan, pasti ada kurikulum baru... masalahnya dari dulu begitu trusssss... siswa blm tentu bs karena gurunya jg bingung kayaknya...tapi mudah2an da perubahan pendidikan di Indonesia.

    BalasHapus
  10. Saya sebagai guru di sebuah lembaga swasta, pedesaan lagi, belum tersentuh dg kurr. 2013, padahal pemerintah mewajibkan pd ajaran baru ini.... kami guru2 menunggu mungkin ada pelatihan tp sepi jg... nunggu ada buku katanya sepi jg.. jd kami blm bs memakai kurr 2013, tetap memakai KTSP dulu... siapa yang salah dlm hal ini? mari kita jangan saling salahkan, ikuti ja alur pendidikan ini.

    BalasHapus
  11. Kurikulum 2013 itu diupayakan supaya para siswa-siswi menjadi lebih kreatif dan mandiri. Tapi masalahnya, terkadang saya malah menjadi bingung sendiri dalam belajar dengan kurikulum 2013. Karena guru saya menerangkan secara garis besar yang saya belum mengerti total, tiba-tiba saya diperintah untuk mencari keterangan lebih detail sendiri. Apalagi pelajaran IPA dan IPS TT^TT Tapi saya cukup suka juga dengan kurikulum 2013 karena banyak tugas (?), jadi saya rasa ini menuntut saya untuk mau tak mau harus belajar di rumah :D Sebelumnya saya jarang belajar di rumah soalnya ~.~

    Mungkin pendapat saya terkesan aneh, tidak jelas, atau semacamnya. Tapi bagaimana pun ini hanya opini dari hati kecil saya sebagai salah satu siswi yang telah menggunakan kurikulum 2013 sejak dimunculkannya kurikulum ini.

    BalasHapus
  12. kenapa mudharatnya lebih banyak???
    percuma donk...

    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. kutipan ini tidak benar, bahkan tidak singkron. ini salah satu orang yang sok tau. guru itu bukan tidak dilibatkan tetapi sebagai pasilitator. dalam k13 ada menanya dan menjawab. bisa guru yang menanya bisa siswa yang menanya. mohon bagi pembaca artikel ini jangan langsung dinilai benar. ini orang tidak mengenal k13, rincian pokokx aja gak ada, makax dia cuman melihat keburukan k13. dia juga bukan guru, dia juga bkan dari kemendiknas. dan juga bukan penganut salah satu pembuat kurikulum.

    BalasHapus
  15. Saya usulkan pada Pak menteri yang baru agar kur'13 disempurnakan, bukan diganti sama sekali. Kur'13 memang banyak kekurangannya tetapi juga banyak kelebihannya.

    BalasHapus