Desain Objek Animasi
2 Dimensi
Image dengan Basis Bitmap
Image berbasis bitmap adalah objek gambar yang dibentuk dengan raster/pixel/titik koordinat. Semakin banyak jumlah titik yang membentuk suatu Image bitmap berarti semakin tinggi tingkat kerapatannya. Hal ini akan semakin halus citra Image, tetapi kapasitas filenya akan semakin besar.
Ketajaman warna dan detail gambar pada tampilan bitmap tergantung pada banyaknya pixel warna atau resolusi yang membentuk gambar tersebut.
Image dengan Basis Vektor
Inage berbasis vektor adalah objek gambar yang menggunakan titik-titik koordinat dan rumus-rumus tertentu. Pemakaian image vektor akan lebih irit dari segi volume file, tetapi dari segi pemakaian prosessor akan memakai banyak memori.
Kelebihan Dan Kekurangan Image Berbasis Vektor Dan
Bitmap :
Kelebihan Image berbasis Vektor:
Ruang
penyimpanan untuk objek gambar lebih efisien
Objek gambar
vektor dapat diubah ukuran dan bentuknya tanpa menurunkan mutu tampilannya
Dapat
dicetak pada resolusi tertingi printer Anda
Menggambar
dan menyunting bentuk vektor relatif lebih mudah dan menyenangkan
Kekurangan Image berbasis Vektor:
Tidak dapat
menghasilkan objek gambar vektor yang prima ketika melakukan konversi objek
gambar tersebut dari format bitmap.
Kelebihan Image berbasis Bitmap:
Dapat
ditambahkan efek khusus tertentu sehingga dapat membuat objek tampil sesuai
keinginan.
Dapat
menghasilkan objek gambar bitmap darionjek gambar vektor dengan cara mudah dan
cepat, mutu hasilnya pun dapat ditentukan.
Kekurangan Image berbasis Bitmap:
Objek gambar
tersebut memiliki permasalahan ketika diubah ukurannya, khususnya ketika objek
gambar diperbesar.
Efek yang
diidapat dari objek berbasis bitmap yakni akan terlihat pecah atau berkurang
detailnya saat dicetak pada resolusi yang lebih rendah
Button
Adalah Simbol dalam Flash yang digunakan untuk
membuat tombol sehingga bisa diklik. Atau bisa juga, Button adalah sebuah
tombol didalam flash yang dibuat untuk lebih terjadinya hubungan interaksi
antara user dengan flash animasi. Biasanya button digunakan untuk memanggil
fungsi-fungsi tertentu, serta memiliki tampilan yang berubah ubah sewaktu kita
meng-mouse over atau meng-click nya.
Contoh simpel adalah sebuah game flash yang ada di
games.co.id disana setiap animasi yang dapat diklik adalah button
Tipe Simbol Button, digunakan untuk membuat tombol
di flash. Dengan dijadikannya suatu objek menjadi button maka selain objek
tersebut menjadi tombol, objek tersebut juga dapat menggunakan beberapa
fasilitas dari flash seperti animasi tween, masking, guide dan juga kita dapat
memberikan actionscript pada objek tersebut.
Cara kerja Button/tombol adalah dengan meng-klik
Button/tombol maka akan mengaktifkan objek tersebut.
Button adalah movie clip interaktif yang terdiri
dari empat buah frame : Up , Over, Down & Hit. Frame pertama
adalah Up state, yang merupakan tampilan tombol pada kondisi normal. Frame kedua
adalah Over state, yang inisialisasi ketika user menempatkan mouse di
atas tombol tersebut. Frame ketiga adalah Down state, yang
merupakan tampilan tombol ketika user menekan tombol tersebut dengan
menggunakan mouse. Frame ke empat yang
mendefinisikan active area. Area ini merupakan area dimana user harus
menempatkan mouse untuk mengaktifkan state lain
dari tombol ini. Anda dapat menempatkan action ke instance dari button yang
akan memberitahukan apa yang harus dilakukan Flash ketika tombol di tekan. Yang
bisa di lakukan button adalah untuk mengaktifkan objek yang ada didalamnnya.
Pada button tersebut, Anda dapat menambahkan sound
effect pada saat mouse over, link ke website, e-mail atau menentukan action dan
behavior sebuah target movieclip. Hal yang perlu diingat yaitu ActionScript
pada button tentunya harus ada Button tempat meletakanActionScript
tersebut.Secara umum syntax yang digunakan dalam penulisan ActionScript pada
Button hampir sama dengan penulisan MovieScript.
Movie Clip
Movie Clip sebenarnya adalah sebuah animasi yang
berjalan sendiri pada sebuah scene sehingga dia memiliki timeline tersendiri
dan pergerakannya pun menyendiri.
Di dalam movieclip juga bisa ditaruh 1 bahkan
seribu gambar ataupun video. Satu movieclip juga bisa berisi sebuah
movieclip lain. Pastinya jika movieclip di bagian dalam membesar, otomatis
movieclip bagian luar juga membesar.
MovieClip merupakan suatu wadah untuk menaruh suatu
objek. Anggap saja Mangkok, suatu mangkok bisa diisi mie, nasi dan
lainnya, selain itu di dalam mangkok juga bisa diletakkan mangkok yang
kecil, tentu saja ukurannya pasti lebih kecil daripada mangkok luarnya.
Movie clip adalah salah satu type dari symbol.
Movie clip digunakan untuk membuat objek agar dapat menggunakan beberapa
fasilitas dari flash seperti animasi tween, masking, guide selain itu dengan
dijadikannya suatu objek menjadi movie clip maka objek tersebut dapat di
beri actionscript.
Instance name digunakan untuk menghubungkan movie
clip atau button di stage agar dapat menggunakan script. Tanpa pemberian
instance name pada movie clip atau button, kita akan kesulitan dalam
menghubungkan movie clip atau button tersebut dengan script. Walaupun anda
bisa saja langsung memberikan script ke dalam movie clip atau button
tersebut.
Cara Publish :
1. Save As Animasi Flash yang sudah dibuat ketempat yang diinginkan.
2. Klik File -> Publish Settings (Ctrl+Shift+F12).
3. Akan muncul Box Baru, Silahkan centang tipe file publish yang diinginkan,
disini saya mencontohkan memilih tipe
file .swf, .html dan .gif .
4.Maka akan muncul tab baru dengan nama sesuai dengan file yang dipilih,
silahkan atur sendiri keluaran filenya disini. Jika sudah klik OK.
5. Untuk melihat sementara hasil publih kita bisa pilih File -> Publish Preview -> kemudian pilih jenis file yang telah dipilih tadi.
Jika merasa file yang dipublish kurang bagus,kita
masih bisa mengaturnya.
dengan file .fla yang sudah diSave
as tadi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar